Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Dia Bekerja?

Ketika orang terkaya di dunia memberikan dukungannya pada mata uang virtual, Anda tahu itu bisnis besar.

Elon Musk telah memberi tahu pengguna aplikasi media sosial online bahwa menurutnya mata uang virtual, Bitcoin, adalah "hal yang baik".

Komentarnya mengakibatkan nilai Bitcoin meningkat secara signifikan. Sedemikian rupa sehingga nilai singular Bitcoin berubah dari senilai US$ 10.000 (Rp 145 juta dalam kurs 1 Dollar = 14.500 Rupiah) pada Juli tahun lalu dan sekarang menyentuh angka US$ 64.000 (Rp 928 juta).

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Dia Bekerja?

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Dia Bekerja?

Ketika pembicaraan tentang Bitcoin telah mendunia, Bank of Singapore telah menyarankan bahwa mata uang berusia 12 tahun ini dapat menggantikan emas sebagai standar utama mata uang.

Namun, pada bulan Oktober 2020, kepala Bank of England, Andrew Bailey, memperingatkan tentang ketidakpastian Bitcoin, dengan mengatakan pergerakan Bitcoin membuatnya "sangat gugup".

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Bitcoin menurut laporan BBC.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah jenis uang yang sepenuhnya virtual. Bitcoin bisa dikatakan sebagai uang tunai online, cryptocurrency, mata uang virtual atau mata uang digital.

Anda dapat menggunakannya untuk membeli produk dan layanan, tetapi belum banyak toko yang menerima Bitcoin dan beberapa negara telah melarangnya sama sekali.

Namun, beberapa perusahaan mulai percaya pada pengaruhnya yang semakin besar.

Pada Oktober 2020, misalnya, layanan pembayaran online, PayPal, mengumumkan akan mengizinkan pelanggannya untuk membeli dan menjual Bitcoin.

Bitcoin fisik yang Anda lihat di foto adalah hal baru. Mereka tidak akan berguna tanpa kode pribadi yang tercetak di dalamnya.

Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Setiap Bitcoin pada dasarnya adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi 'dompet digital' di smartphone atau komputer.

Orang dapat mengirim Bitcoin (atau potongan kecilnya) ke dompet digital Anda, dan Anda dapat mengirim Bitcoin ke orang lain.

Setiap transaksi dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain.

Ini memungkinkan untuk melacak pergerakan historis suatu Bitcoin untuk menghentikan orang membelanjakan koin yang tidak mereka miliki, membuat salinan atau membatalkan transaksi.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Ada tiga cara utama orang mendapatkan Bitcoin.
  • Anda dapat membeli Bitcoin menggunakan uang 'nyata'.
  • Anda dapat menjual barang dan membiarkan orang membayar Anda dengan Bitcoin.
  • Atau mereka dapat dibuat dengan menggunakan komputer.

Bagaimana Bitcoin baru dibuat?

Agar sistem Bitcoin berfungsi, pemilik dapat memfungsikan komputer yang dimiliki untuk menjadi wadah untuk memproses transaksi Bitcoin semua orang.

Kita paham bahwa tujuan awal diciptakannya komputer adalah untuk membuat perhitungan dalam jumlah yang sangat besar nan sulit.

Komputer yang menjadi wadah transaksi kadang-kadang akan menerima hadiah Bitcoin untuk disimpan oleh pemiliknya.

Orang-orang menyiapkan komputer yang kuat hanya untuk mengais Bitcoin, fenomena yang disebut mining (penambangan Bitcoin).

Dengan jumlah miners yang semakin banyak, kadar Bitcoin yang dihasilkan semakin kecil.

Jika Anda mulai menambang sekarang, mungkin butuh waktu bertahun-tahun sebelum Anda mendapatkan satu Bitcoin.

Anda bisa menghabiskan lebih banyak uang untuk listrik dan perawatan komputer Anda daripada nilai Bitcoin, belum lagi masalah polusi dan lingkungan yang ditimbulkan oleh Bitcoin sendiri.

Mengapa Bitcoin berharga?

Ada banyak hal selain uang yang kita anggap berharga seperti emas dan berlian.

Bahkan, Suku Aztec menggunakan biji kakao sebagai uang!

Bitcoin berharga karena orang bersedia menukarnya dengan barang dan jasa nyata, dan bahkan uang tunai.

Mengapa orang menginginkan Bitcoin?

Beberapa orang menyukai fakta bahwa Bitcoin tidak dikendalikan oleh pemerintah atau bank.

Orang-orang juga dapat membelanjakan Bitcoin mereka secara anonim. Meskipun semua transaksi dicatat, tidak ada yang tahu 'nomor rekening' mana yang menjadi milik Anda kecuali Anda memberi tahu mereka.

Dalam obrolan online dengan pengguna media sosial pada Januari 2021, orang terkaya di dunia, Elon Musk, mengatakan dia adalah penggemar berat Bitcoin.

Dia bahkan melangkah lebih jauh dengan mengubah bio Twitter-nya menjadi "#bitcoin".

Elon Musk telah berulang kali menunjukkan dukungannya terhadap mata uang online dalam beberapa tahun terakhir dan menyebabkan pergerakan besar dalam nilai mata uang tersebut karena kekayaan dan pengaruh pribadinya.

Dukungan khusus ini menyebabkan nilai Bitcoin meningkat secara signifikan.

Apakah Bitcoin aman?

Setiap transaksi dicatat secara publik sehingga sangat sulit untuk menyalin Bitcoin, membuat yang palsu, atau membelanjakan yang tidak Anda miliki.

Anda dapat kehilangan dompet Bitcoin Anda atau menghapus Bitcoin Anda dan menghilangkannya untuk selamanya.

Ada juga resiko berupa pencurian yang dilakukan pada situs web yang memungkinkan Anda menyimpan Bitcoin Anda dari jarak jauh.

Nilai Bitcoin telah naik dan turun selama bertahun-tahun sejak diciptakan pada tahun 2009 dan beberapa orang merasa tidak aman untuk mengubah uang 'asli' menjadi Bitcoin.

Kekhawatiran ini diungkapkan oleh Kepala The Bank of England, Andrew Bailey, pada Oktober 2020.

Dia mengatakan bahwa dia "sangat gugup" tentang orang-orang yang menggunakan Bitcoin untuk pembayaran, menunjukkan bahwa investor harus menyadari harganya yang ekstrim sangat mudah menguap.

Nilai Bitcoin bisa turun secara signifikan setiap saat dan investor bisa kehilangan banyak uang.