Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Hosting Bagaimana Cara Kerjanya?

Pernahkan Anda berpikir cara untuk sebuah website atau suatu situs bisa menampilkan seluruh informasi yang ada di dalamnya?

Di mana semua informasi tersebut akan disimpan supaya bisa untuk ditampilkan di kemudian waktu? Hal tersebut dapat terjadi berkat keberadaan dari web hosting.

Tanpa adanya web hosting, maka semua informasi di dalam suatu situs tidak akan bisa muncul dan disimpan untuk ditampilan di lain waktu.

Apa itu Hosting Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu Hosting Bagaimana Cara Kerjanya?

Saat hendak membuat website, maka Anda harus tahu tentang hosting terlebih dahulu. Lalu apa itu hosting? Kenapa diperlukan hosting terlebih dulu? Jika website di ibaratkan sebuah rumah. 

Saat Anda hendak membangunnya harus mencari tanah terlebih dulu, bukan? Nah hosting ini juga bagaikan sebuah tanah untuk membuat website. Untuk informasi lebih jelasnya lagi, berikut ini pengertian web hosting:

Apa itu hosting web?

Hosting web adalah layanan yang menyimpan situs web atau aplikasi web Anda dan membuatnya mudah diakses di berbagai perangkat seperti desktop, seluler, dan tablet. Setiap aplikasi web atau situs web biasanya terbuat dari banyak file, seperti gambar, video, teks, dan kode, yang perlu Anda simpan di komputer khusus yang disebut server. 

Penyedia layanan hosting web memelihara, mengonfigurasi, dan menjalankan server fisik yang dapat Anda sewa untuk file Anda. Layanan hosting situs web dan aplikasi web juga memberikan dukungan tambahan, seperti keamanan, pencadangan situs web, dan performa situs web, sehingga Anda punya lebih banyak waktu untuk dapat fokus pada fungsi inti dari situs web Anda.

Mengapa hosting web penting?

Dilansir dari situs otomesin.com Meng-host situs bisnis Anda di server internal dapat memakan waktu dan mahal. Penyedia hosting web menawarkan manfaat berikut.

Performa

Perusahaan hosting web yang mengelola sumber daya perangkat keras untuk beberapa situs web memiliki daya beli yang lebih besar. Perusahaan ini berinvestasi dalam teknologi canggih sehingga Anda mendapatkan server web berperforma tinggi dengan kekuatan pemrosesan, memori internal, dan sumber daya komputasi lainnya. Kelebihan ini meningkatkan performa situs web, dan pengunjung Anda dapat memuat halaman dengan cepat.

Keandalan

Penyedia layanan hosting web menghilangkan tekanan saat pemeliharaan server sedang berlangsung. Mereka melakukan peningkatan sistem secara teratur untuk mempertahankan standar keamanan yang tinggi. Dengan melakukan hal tersebut, mereka membebaskan sumber daya IT Anda sehingga Anda dapat fokus pada pengiriman aplikasi alih-alih manajemen server.

Dukungan teknis

Sebagian besar layanan hosting web menawarkan dukungan komprehensif untuk mengatasi masalah performa. Layanan hosting web juga menyederhanakan pemantauan dan analitik situs web, pencadangan dan pemulihan data, serta fitur serupa lainnya yang membuat situs web Anda berjalan lebih lancar.

Keamanan dan kepatuhan

Layanan hosting web menggunakan pendekatan menyeluruh untuk mengamankan infrastruktur, termasuk ukuran fisik, operasional, dan perangkat lunak yang memenuhi semua persyaratan kepatuhan.

Apa saja fitur hosting web?

Sebagian besar perusahaan hosting web menyediakan paket dan perencanaan hosting yang berbeda. Biaya hosting web bulanan Anda dapat berkisar dari gratis hingga berbayar, tergantung pada faktor-faktor seperti berikut ini:

Ukuran situs web Anda.

Jumlah pengunjung situs web harian.
Waktu puncak lalu lintas situs web atau halaman web.
Fitur hosting web yang Anda butuhkan.
Sebelum memilih layanan hosting web, jelajahi berbagai fitur yang disediakan berbagai layanan. Berikut ini adalah fitur-fitur utama yang umumnya disediakan.

Ruang disk

Situs Anda akan memerlukan ruang penyimpanan untuk email, file web, gambar, dan basis data. Saat Anda memperkirakan kebutuhan penyimpanan, pertimbangkan juga pertumbuhan situs web dan lalu lintas situs web di masa mendatang. Ruang disk yang rendah memengaruhi pengalaman pengguna, sehingga ruang disk merupakan faktor penting dalam pemilihan layanan hosting web.

Bandwidth dan transfer data

Dalam industri hosting web, istilah bandwidth dan transfer data sering digunakan secara bergantian. Namun, keduanya adalah hal yang berbeda. Bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer oleh situs web Anda ke pengunjung pada satu waktu. Transfer data adalah jumlah sebenarnya dari data yang ditransfer.

Anda dapat menganggap bandwidth sebagai pipa. Semakin besar pipa, semakin banyak air yang dapat melewatinya. Namun, karena berbagai alasan, Anda mungkin tidak menggunakan total kapasitas pipa tersebut. Transfer data seperti jumlah sebenarnya dari air yang melewati pipa dalam jangka waktu tertentu.

Akun email

Banyak perencanaan hosting web menyertakan akun email. Anda dapat menautkan alamat email ke nama situs web Anda. Misalnya, jika nama situs Anda adalah contoh.com, alamat email Anda akan menjadi namaanda@contoh.com. Berikut ini adalah tiga tipe utama dari akun email.

POP3

Akun POP3 memberi Anda ruang server untuk menyimpan email, yang dapat Anda akses secara langsung atau dengan menggunakan program klien email Anda.

Email terusan

Akun email terusan mengalihkan email ke alamat email lain. Akun ini dapat berupa akun email pribadi dengan penyedia layanan email atau akun pihak ketiga yang mengelola email situs web untuk Anda.

Alias

Beberapa host web memiliki perencanaan email yang dapat Anda gunakan untuk membuat beberapa alias atau nama akun email tanpa membuat akun POP3 lengkap. Misalnya, Anda mungkin ingin menampilkan alamat sales@, support@, dan orders@ di berbagai halaman situs web Anda. Alih-alih memiliki beberapa akun POP3 yang perlu diperiksa dan dikelola, Anda dapat mengalihkan semuanya ke satu kotak masuk.

Akses FTP

FTP mengacu pada transfer dan berbagi file situs web. Banyak situs web memiliki dokumen, seperti file PDF atau file gambar, yang ditujukan agar diunduh oleh pengguna internet. Perusahaan hosting web menggunakan akses FTP untuk menyediakan layanan ini.

Apa perbedaan antara hosting web dan nama domain?

Hosting web memberi situs web atau aplikasi web Anda sebuah server atau mesin di internet. Namun, nama domain memberikan alamat kepada aplikasi Anda sehingga pengguna dapat menemukan Anda.

Nama domain

Di internet, setiap mesin memiliki nomor unik, yang disebut alamat IP. Pengguna menggunakan alamat IP ini untuk menemukan mesin dan situs web atau sumber daya di mesin tersebut. 

Alamat IP mungkin sulit untuk diingat. Itulah sebabnya pendaftar nama domain menggunakan Sistem Nama Domain (DNS) untuk memetakan alamat IP ke nama situs web yang mudah diingat. Registri ini memetakan nama situs web, yang disebut nama domain, ke alamat IP server hosting web.

Untuk mengunjungi berbagai situs web, nama domain harus dimasukkan ke peramban. Misalnya, nama domain untuk situs web AWS adalah aws.amazon.com.

Pendaftaran nama domain

Agar situs Anda dapat diakses di World Wide Web, Anda memerlukan akun layanan hosting web dan nama domain yang terdaftar. Anda dapat memilih nama, tetapi Anda perlu membayar sedikit biaya untuk mendaftarkannya ke registri nama domain. Anda kemudian dapat menautkan akun hosting web ke nama domain terdaftar sebagai alamat situs web resmi Anda.

Bagaimana cara kerja hosting web?

Saat Anda membuat akun dengan penyedia hosting web, penyedia Anda mengalokasikan sebagian ruang untuk situs web atau aplikasi web Anda di servernya. Anda dapat mengakses dan mengelola ruang ini dari dasbor akun hosting Anda. 

Anda juga akan mendapatkan akses ke sumber daya lain, seperti memori akses acak (RAM), unit pemrosesan pusat (CPU), dan bandwidth. Persentase sumber daya server yang Anda terima bergantung pada tipe layanan hosting web yang Anda pilih.

Memilih perencanaan hosting web mirip dengan menyewa ruang kantor. Opsi paling murah adalah menyewa ruang kerja bersama. Seiring perusahaan Anda bertumbuh, Anda dapat mengembangkan penyewaan ke seluruh kantor atau bahkan seluruh bangunan. 

Demikian pula, Anda dapat memulai dengan hosting web gratis di server yang Anda bagikan dengan beberapa situs web atau aplikasi web lain. Pada akhirnya, Anda mungkin ingin meningkatkan ke akses server web yang lebih eksklusif atau bahkan menyewa seluruh server!

Apa saja tipe layanan hosting web?

Abstract Window Toolkit (AWT) adalah GUI yang dapat Anda gunakan untuk membuat objek UI seperti tombol, jendela, dan bilah gulir.

Hosting bersama

Penyedia layanan hosting bersama memberi Anda akses bersama ke server web mereka. Anda mendapatkan akses ke direktori atau folder untuk file situs web, tetapi Anda berbagi sumber daya server, termasuk ruang disk, daya CPU, dan RAM. 

Penyedia hosting bersama dapat memiliki ratusan situs atau aplikasi web menggunakan server yang sama. Namun, situs web lain tidak akan melihat data internal Anda karena tidak ada pengguna yang mendapatkan akses ke direktori utama atau root.

Hosting bersama cocok untuk kasus seperti ini: 
  • Bisnis baru atau bisnis kecil
  • Situs web dan blog pribadi
  • Halaman web pedagang tunggal dan pemilik-operator

Manfaat hosting bersama

Perencanaan hosting bersama memberikan beberapa manfaat hosting web:
  • Biaya bulanan yang rendah.
  • Fitur bawaan seperti pembangun situs dan perangkat lunak basis data.
  • Kemudahan dalam menyiapkan dan memulai.
  • Kemampuan untuk meng-host beberapa situs web pada satu akun.

Keterbatasan hosting bersama

Berikut ini adalah beberapa keterbatasan layanan hosting web bersama:
  • Jika situs web lain di server Anda mengalami lonjakan lalu lintas, hal tersebut akan memengaruhi performa situs web Anda.
  • Anda memiliki lebih sedikit kontrol atas konfigurasi server, yang juga membatasi fitur situs web Anda. Misalnya, Anda tidak dapat menginstal perangkat lunak pihak ketiga, seperti sistem akun, untuk diintegrasikan dengan situs web Anda.
  • Biaya dapat meningkat secara substansial karena pengguna dan pertumbuhan lalu lintas meningkat.

Hosting VPS

Penyedia hosting server privat virtual (VPS) menggunakan server privat virtual untuk memberi Anda akses yang lebih eksklusif ke sumber daya server. Teknologi hosting VPS mempartisi server fisik untuk membuat server virtual kecil yang dapat Anda sewa. 

Dengan server privat virtual, Anda memiliki akses eksklusif ke ruang dan sumber daya komputasi, seperti memori dan daya pemrosesan, di server fisik. Anda dapat menginstal sistem pengoperasian di server virtual dan memiliki kontrol yang lebih besar terhadap lingkungan server Anda.

Hosting VPS cocok untuk kasus berikut:
  • Bisnis skala menengah dengan lalu lintas yang meningkat.
  • Situs web kompleks yang memerlukan instalasi perangkat lunak bisnis lain di server.

Manfaat hosting VPS

Hosting VPS memberikan beberapa manfaat:
  • Kontrol penuh atas konfigurasi server virtual Anda.
  • Kemudahan dalam penskalaan dan penyesuaian.
  • Kontrol yang lebih besar atas performa situs web.

Keterbatasan hosting VPS

Hosting VPS biasanya mengharuskan Anda memiliki keahlian teknis internal dan pengetahuan konfigurasi server. Anda dapat memilih layanan hosting terkelola yang menangani pemeliharaan server berkelanjutan untuk mengatasi keterbatasan ini.

Hosting khusus

Penyedia hosting khusus memberi Anda akses ke server fisik lengkap. Anda memiliki akses eksklusif ke server khusus hanya untuk situs web Anda. Anda dapat mengoptimalkan dan mengontrol lingkungan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mempartisi server ini sendiri untuk meng-host beberapa domain di server fisik yang sama.

Perencanaan hosting khusus cocok untuk kasus ini:
  • Korporasi dan bisnis besar.
  • Pemilik bisnis dengan banyak domain.
  • Aplikasi web kompleks yang membutuhkan daya pemrosesan dalam jumlah besar.

Manfaat dari hosting khusus

Server khusus untuk hosting web memberikan beberapa manfaat:
  • Keandalan dan keamanan yang lebih besar
  • Kemampuan pengoptimalan server yang lebih besar
  • Kustomisasi penuh atas konfigurasi server

Keterbatasan hosting khusus

Biaya sewa dan pemeliharaan server khusus sangat mahal. Anda juga harus memiliki kemampuan teknis internal. Oleh karena itu, organisasi yang telah menaikkan skala secara memadai biasanya menemukan bahwa hosting khusus lebih cocok.

Plugin Java

Plugin Java membuat koneksi antara peramban populer dengan platform Java sehingga Anda dapat menjalankan applet situs web dalam peramban desktop.

Hosting cloud

Penyedia hosting cloud menggunakan berbagi sumber daya dan skala untuk menurunkan biaya hosting web dan meningkatkan performa situs web. Anda mendapatkan akses bersama ke klaster server, dan penyedia hosting cloud secara otomatis mereplikasi file situs web Anda di beberapa server.

Jika salah satu server cloud sedang sibuk, penyedia hosting secara otomatis mengarahkan lalu lintas Anda ke server lain. Tindakan ini sangat meningkatkan performa situs web tanpa menambah biaya berkelanjutan Anda. 

Anda dapat memilih dari perencanaan hosting bersama, hosting VPS, atau hosting cloud khusus. Yang membedakannya adalah manajemen server fisik yang mendasarinya. 

Karena Anda memiliki beberapa opsi di hosting cloud, ini cocok untuk semua tipe bisnis, termasuk berikut ini:
  • Bisnis kecil dan menengah.
  • Aplikasi web perdagangan elektronik dan kompleks.
  • Organisasi pemerintah dan non-pemerintah.
  • Korporasi besar dengan beberapa domain.

Manfaat hosting cloud

Sebagai opsi hosting web, hosting cloud memberikan beberapa manfaat:
  • Ketersediaan dan keandalan yang lebih besar untuk pengguna situs web Anda.
  • Secara otomatis menaikkan atau menurunkan skala saat kebutuhan Anda berubah.
  • Peningkatan keamanan yang memenuhi standar kepatuhan tertinggi.
  • Pencadangan dan redundansi data otomatis.
  • Fleksibilitas tinggi—Anda hanya membayar yang Anda gunakan.

Apa saja persyaratan hosting web modern?

Aplikasi web dan seluler saat ini diharapkan tersedia dari mana pun di seluruh dunia. Pelanggan ingin memodernisasi aplikasi web mereka untuk melakukan hal berikut:
  • Membuat aplikasi kaya fitur yang memberikan pengalaman menarik bagi pengguna untuk semua tipe kasus penggunaan, seperti web statis atau aplikasi yang di-render di sisi server, halaman arahan aplikasi seluler, atau aplikasi progresif.
  • Memberikan latensi serendah mungkin kepada pengguna akhir secara global.
  • Menskalakan untuk memenuhi beban kerja puncak dan lonjakan lalu lintas.
  • Menghadirkan aplikasi yang bekerja di ratusan peramban desktop dan perangkat seluler yang berbeda.
  • Terus memantau aplikasi untuk mengidentifikasi masalah sebelum berdampak pada pengalaman pelanggan.
  • Meningkatkan ketangkasan, berinovasi lebih cepat, dan mendapatkan pasar lebih cepat.
  • Menghindari penegelolaan server fisik.
  • Total biaya kepemilikan (TCO) yang lebih rendah.
  • Membangun aplikasi yang aman.