Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Cryptocurrency yang Terdaftar di BAPPEBTI

Menawarkan keuntungan yang besar, membuat berbagai kalangan berbondong-bondong melakukan trading menggunakan aplikasi crypto terbaik. Melalui aplikasi tersebut, trader bisa melakukan transaksi membeli ataupun menjual mata uang digital, investasi, dan lainnya.

Di indonesia sendiri crypto diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Ada beberapa perusahaan sebagai platform aplikasi trading yang memiliki izin.

Tren investasi dengan mata uang kripto membuat cryptocurrency diciptakan sebagai alat tukar. Lalu saat melakukan transaksinya, ada exchange crypto atau sebuah marketplace digital yang digunakan untuk melakukan jual beli aset kripto.

Aplikasi Crypto Terbaik

Aplikasi Cryptocurrency yang Terdaftar di BAPPEBTI

Dikutip dari buku Ilmu Crypto karya Belvin Tannadi, perusahaan platform tersebut antara lain PT Crypto Indonesia Berkat, PT Upbit Exchange Indonesia, PT Tiga Inti Utama, PT Pintu Kemana Saja, PT Indodax Nasional Indonesia, PT Rekeningku Detcom Indonesia, PT Triniti Investama Berkat, dan PT Plutonext Digital Aset.

Untuk lebih jelasnya, simak penjabaran mengenai 8 aplikasi crypto terbaik untuk melakukan trading mata uang virtual di bawah ini yang bisa dijadikan alternatif platform trading yang aman karena terdaftar di Bappebti.

Aplikasi Cryptocurrency yang Terdaftar di BAPPEBTI

Di Indonesia sendiri, transaksi cryptocurrency merupakan sebuah transaksi yang legal dan berada di bawah pengawasan Lembaga khusus Kementerian Perdagangan, yaitu BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Untuk memastikan keamanan investor dan trader dalam bertransaksi kripto, BAPPEBTI telah melegalkan beberapa aplikasi cryptocurrency. Di bawah ini merupakan 10 aplikasi cryptocurrency tersebut.

Indodax

Indodax atau PT Indodax Nasional Indonesia merupakan salah satu aplikasi cryptocurrency yang cukup terkenal. Telah ada lebih dari 3,9 juta pengguna aplikasi tersebut.

Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi, Indodax juga menyediakan keamanan bertransaksi yang berlapis. Indodax menyediakan perlindungan Autentikasi multi faktor dengan kombinasi verifikasi via email dan SMS.

Selain itu, penyetoran dan penarikan rupiah sangat cepat dan efisien. Biaya setiap transaksi di Indodax sendiri adalah 0,3% dan persyaratan deposit minimal adalah sebesar Rp 500 ribu.
 

Tokocrypto

Tokocrypto atau PT Crypto Indonesia Berkat didirikan pada Juni 2017 dan merupakan aplikasi pertama yang terdaftar di BAPPEBTI. Yang menariknya, pada tahun 2020, Tokocrypto mendapatkan suntikan dana dari Binance, perusahaan perdagangandan pengembang asset kripto yang berpusat di Malta.

Produk yang diperdagangkan di Tokocrypto meliputi asset kripto yang masuk dalam 500 besar coinmarketcap.com. Minimum deposit yang dibutuhkan adalah Rp50 ribu dengan biaya per transaksi adalah 0,01%.

Pintu

Walaupun sekilas tidak terdengar seperti aplikasi cryptocurrency, Pintu atau PT Pintu Kemana Saja, merupakan salah satu aplikasi kripto yang cukup terkenal.

Investasi awal yang dibutuhkan adalah Rp 22 ribu dan Anda tidak akan dipungut biaya untuk menanam deposit. Setiap transaksi pada aplikasi Pintu, tidak dikenakan biaya dan mudah. Anda hanya akan membayar biaya sebesar Rp4.500 untuk setiap penarikan Rupiah.

Anda pun dapat dengan mudah membuka akun pada aplikasi ini, hanya membutuhkan alamat email dan melakukan verifikasi dengan foto KTP, SIM atau paspor.

Rekeningku

Sama halnya dengan aplikasi kripto lainnya, aplikasi Rekeningku yang berada di bawah PT Rekeningku Dotcom Indonesia, juga memberikan keamanan, kenyamanan dan kemudahan bagi setiap investor dan trader cryptocurrency.

Pada aplikasi Rekeningku, setiap transaksi jual beli akan dikenakan biaya sebesar 0,1% dari jumlah transaksi. Untuk mengisi Rupiah pada dompet digital pada aplikasi Rekeningku, terdapat beberapa metode pilihan, baik non biaya seperti melalui transfer bank dan virtual account atau dengan biaya seperti melalui e-wallet.

Triv

Triv melayani real time deposit dan real time withdraw dari dan ke 100 bank di Indonesia tanpa jam offline dan hari libur dan transaksi berjalan 24/7 walaupun pada hari besar.

Pengguna juga dapat menggunakan Triv untuk mengisi pulsa seluler serta membayar tagihan dan membeli token listrik. Triv sendiri merupakan properti dari PT Tiga Inti Utama.

Luno

Sebelumnya bernama BitX, Luno merupakan perusahaan Bitcoin yang berpusat di Singapura dan berdiri pada tahun 2013. Pada tahun 2015, barulah Luno masuk ke Indonesia.

Layanan yang disediakan olehnya meliputi penjualan dan pembelian Bitcoin dengan Rupiah dan setiap pengguna aplikasi Luno tidak perlu membayar biaya apapun.

Koinku

Koinku yang mempunyai alamat web koinku.id merupakan sebuah aplikasi jual beli asset kripto yang berada di bawah naungan PT Cipta Koin Digital. Untuk menambah dana ke dompet Koinku, Anda dapat menggunakan layanan transfer bank atau menggunakan kartu kredit.

Upbit Indonesia

Upbit merupakan salah satu platform perdagangan asset digital di Indonesia. Platform ini memiliki beberapa fitur canggih, salah satunya dengan smartphone Anda dalam situasi terkunci pun, Anda dapat dengan mudah mengecek harga di real-time.

Upbit sering melakukan pemasaran dengan cara yang unik, salah satunya dengan membagikan Bitcoin gratis bagi sejumlah pengguna pertama yang memenuhi persyaratan.

Ada pula program referral yang mana Upbit akan memberikan persentase potongan biaya transaksi setiap kali ada yang memakai kode referral Anda. Upbit berada di bawah PT Upbit Exchange Indonesia dan merupakan bursa penukaran mata uang virtual asal Korea Selatan.

Bitocto

Pada aplikasi Bitocto, Anda dapat memiliki asset kripto hanya dengan modal awal Rp 50 ribu. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran dan verifikasi akun secara gratis dan menyetor dana ke dompet digital Anda.

Dengan aplikasi dan produk yang berada di bawah pengawasan BAPPEBTI dan KOMINFO, Bitocto semakin menarik perhatian para investor dan trader asset digital.

Pada data Google Play, lebih dari 10 ribu pengguna telah meng-install Bitocto dan lebih dari 1400 pengguna menyukainya. Bitocto sendiri berada di bawah naungan PT Triniti Investama Berkat

Zipmex

Melalui Zipmex, Anda dapat mendapatkan bunga simpanan Bitcoin sebesar 5% p.a. 5,5% p.a. untuk Ethereum dan banyak lagi. Untuk biaya tradingnya sendiri cukup rendah, yaitu hanya 0,2% per transaksi.

Zipmex juga bekerja sama dengan Bitgo untuk memberikan polis asuransi dompet digital hingga 100 juta dolar AS. Anda pun dapat melakukan pendaftaran secara gratis.

Zipmex merupakan platform asset digital yang berada di bawah naungan PT Zipmex Exchange Indonesia.

Indonesia Digital Exchange (IDEX)

Digitalexchange.id merupakan platform jual beli aset kripto di Indonesia. Pengguna dapat melakukan jual beli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum dan aset kripto lain dengan aman dan nyaman.

Digitalexchange.id sudah legal dan terdaftar resmi di Bappebti dengan nomer 008/BAPPEBTI/CP-AK/2020, PSE Kominfo dengan nomor 00286.01/DJAI.PSE/03/2021, dan telah tersertifikasi ISO 270001 : ISMS1001099.

Digitalexchange.id terdaftar di Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI), Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPRAKINDO) dan juga merupakan Komite Aset Kripto Bursa ICDX.

Plutonext Digital Aset (Pluto)

Pluto Digital PLC (Pluto) adalah perusahaan teknologi dan operasi kripto yang membuat Web 3.0 Decentralized Finance (DeFi) lebih mudah diakses oleh semua orang.

Pluto membuat DeFi tersedia untuk semua orang melalui produk dan layanan yang dibuat oleh divisi Lab pengembangan perangkat lunak Pluto, strategi pertanian hasil baru melalui divisi Yield Pluto dan berkolaborasi dengan proyek DeFi yang baru muncul dan metaverse NFT melalui divisi Ventures Pluto.

Bursa Cripto Prima (Bechipin)

Bechipin menerima pembelian aset digital melalui penyetoran dana pada semua jaringan perbankan di Indonesia kurang dari 1 jam. Anda dapat menukar asset digital menjadi rupiah dalam jangka waktu 24 jam. Anda dapat memperdagangkan aset digital secara leluasa